SEKILAS INFO
  • Selamat Datang Di Website¬† MAN 3 Bone
  • PPDB segera dibuka! Persiapkan berkasnya yaa!
  • Tetap Jaga Kesehatan! Terapkan 4 M (Memakai Masker, Mencuci Tangan dengan Sabun, Menjaga Jarak, dan Membaca Doa)
29
Jul 2020

Pandemi Covid-19 sangat berdampak besar terhadap maraknya pembelajaran e-learning. Siswa merasakan sensasi belajar yang benar-benar berbeda dibandingkan kelas konvensional.

Para pendidik merasakan dampak penggunaan e-learning terhadap metode pengajaran yang digunakan. Mereka perlu melakukan adaptasi dengan cara pengajaran yang disampaikan yang berbeda dengan metode konvensional. Selain itu juga diperlukan keahlian dalam menyediakan materi pembelajaran yang menarik untuk digunakan melalui e-learning.

Pembelajaran e-learning merupakan salah satu alternatif model pembelajaran baru yang memaksimalkan peran mahasiswa dalam proses pembelajaran. Dalam pelaksanaannya model pembelajaran ini masih memerlukan berbagai pertimbangan dikarenakan model pembelajaran ini sangat tergantung pada alat yang berupa teknologi.

Ada tiga faktor penting yang mendukung pembelajaran e-learning mampu berjalan secara optimal, yaitu Sumber Daya Manusia, sarana dan prasarana pendukung dan implementasi pembelajaran itu nantinya. Proses pembelajaran e-learning akan berjalan secara maksimal ketika ketiga faktor itu semuanya saling mendukung satu sama lain. Dilema sekaligus tantangan, proses pembelajaran ini ketiga faktor tersebut tidak bisa ketiga-tiganya saling mendukung. Ketika infrasturkturnya siap, SDM nya belum siap. Kemudian ketika SDM dan infrastruktur sudah siap, implementasinya terkadang belum mampu berjalan secara maksimal.

Walaupun pada awalnya e-learning diproyeksikan sebagai pengganti metode pembelajaran tradisional, tapi ternyata e-learning belum dapat mengantikan peran dan keuntungan dari metode pembelajaran konvensional. Hal ini terjadi karena metode-metode pembelajaran yang digunakan dalam e-learning belum dapat menandingi superioritas metode interaksi tatap muka konvensional. Akibatnya, sampai saat ini e-learning dengan berbagai kelebihannya lebih cocok berperan sebagai pelengkap bagi metode pembelajaran konvensional dimasa pandemic Covid-19.

Proses pembelajaran e-learning kedepannya merupakan salah satu alternatif untuk memperkaya model pembelajaran, melatih kemandirian siswa dan mempermudah memperoleh bahan ajar sekaligus meningkatkan interaksi antara guru dan siswa.

Oleh : Uta Selwanti Ridwan, S. Pd

(Guru Matematika di MAN 3 Bone)

LOKASI 1
Jl. Poros Makassar-Bone, Leppangeng
Desa Patangkai Kec.Lappariaja
Kabupaten Bone
SULAWESI SELATAN ~ 92763

LOKASI 2
Jl. Poros Camming Pabrik Gula
Desa Tungke - Kecamatan Bengo
Kabupaten Bone
SULAWESI SELATAN ~ 92763