SEKILAS INFO
  • Selamat Datang Di Website  MAN 3 Bone
  • PPDB segera dibuka! Persiapkan berkasnya yaa!
  • Tetap Jaga Kesehatan! Terapkan 4 M (Memakai Masker, Mencuci Tangan dengan Sabun, Menjaga Jarak, dan Membaca Doa)
23
Feb 2021

Lappariaja, Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) adalah salah satu kegiatan rutinitas yang diselenggarakan oleh Madrasah Aliyah Negeri (MAN 3) 3 Bone untuk mencetak calon-calon pemimpin yang handal, berakhlak dan amanah dalam mengembangkan tugas kepemimpinannya kelak. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, kali ini MAN 3 Bone yang berlokasi di Kecamatan Lappariaja tepatnya depan Polsek Lappariaja ini mengadakan LDK secara Virtual. Tak tanggung-tanggung MAN 3 Bone menggandeng salah salah Lembaga yaitu Leider Institute untuk turut andil dalam kegiatan tersebut. Salah satu Lembaga yang memberikan pelayanan pada pembentukan calon-calon pemimpin melalui LDK (22/2/2021)

Kegiatan ini berlangsung selama dua hari mulai dari tanggal 22 sampai dengan 23 Februari 2021. Kegiatan dimulai dengan sambutan dari kepala MAN 3 Bone Taharuddin, S.Pd., MA. Dalam sambutannya Pak Taha panggilan akrab dari kepala MAN 3 Bone ini berharap agar LDK ini bisa menjadi ajang untuk mengembangkan calon-calon pemimpin yang andal serta mempunyai karakter yang disiplin dalam keseharian sehingga bisa menjadi teladan bagi siswa lainnya. Pak Taha juga berharap kegiatan LDK ini tidak menjadi alasan untuk tidak turut aktif dalam pembelajaran di kelas. “Bahkan dengan adanya LDK ini semakin menjadi motivasi untuk menerapkan ilmu yang diperoleh dalam organisasi menjadi prestasi yang gemilang bukan fokus pada organisasi dan menjadikan pembelajaran di kelas ketinggalan”, Kata kepala MAN 3 Bone dalam sambutannya.

Meskipun secara virtual, peserta LDK yang terdiri dari pengurus OSIM MAN 3 Bone dan perwakilan dari beberapa kelas sangat antusias mengikuti kegiatan. Hal ini terlihat dari partisipasi peserta dalam mengikuti kegiatan mulai dari pukul 13.00 sampai dengan pukul 21.00 tidak mengenal lelah untuk duduk menyimak materi. Sesekali mereka berdiskusi dengan bertanya jawab kepada pemateri membuat suasana semakin seru.

Leider institute mengirimkan dua pemateri andal mereka yang memang sudah tidak diragukan lagi dalam penyampaian materi. Mr Jun sebagai dalam materinya dengan topik Public Speaking memberikan tips-tips kepada peserta bagaimana menjadi pembicara yang memukau ketika berada di atas panggung atau di depan orang banyak. Dia memberikan sebuah gambaran tentang pentingnya berbicara dalam sebuah forum terutama forum-forum pendidikan. Beberapa tipspun diberikan Mr Jun kepada peserta. Perlu diketahui bahwa Mr Jun ini adalah seorang penulis yang telah menulis puluhan buku mulai dari buku motivasi dan buku-buku pengembangan diri. Tak kalah serunya Arfah Patawari sebagai pemateri dengan topik kepemimpinan memberikan gambaran-gambaran jenis-jenis pemimpin dan berharap ketika peserta kelak jadi seorang pemimpin bisa menirukan cara kepimpinan Rasulullah SAW.

Materi di tutup oleh Pembina OSIM MAN 3 Bone, Rukman S.Pd. Dalam materinya Pembina OSIM ini berharap seluruh materi yang telah disampaikan oleh pemateri bisa diaplikasikan oleh seluruh peserta LDK ini. Sehingga bukan hanya sekedar paham tentang teorinya tapi lebih pada pengaplikasian dari ilmu tersebut. Kegiatan diakhiri dengan rasa gembira peserta, tidak rugi mereka duduk mendengarkan dan menyimak materi selama seharian. Ada satu ilmu yang begitu bermanfaat untuk mereka gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Merekapun sangat puas dengan materi yang mereka terima hari itu.

Editor : Rukman

LOKASI 1
Jl. Poros Makassar-Bone, Leppangeng
Desa Patangkai Kec.Lappariaja
Kabupaten Bone
SULAWESI SELATAN ~ 92763

LOKASI 2
Jl. Poros Camming Pabrik Gula
Desa Tungke - Kecamatan Bengo
Kabupaten Bone
SULAWESI SELATAN ~ 92763